7 Tips Diet Sehat yang Tidak Membahayakan Kesehatan Tubuh

Stres Bisa Sebabkan Berat Badan Meningkat lho Ladies

Bagi sebagian perempuan, weight loss program sehat menjadi salah satu kunci sukses untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Namun sayangnya, ada beberapa food regimen yang diklaim sehat tapi ternyata tidak memiliki dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.

Misalnya saja kamu rencana diet sehat dengan mengurangi makan tapi tidak mengganti nutrisi yang masuk dalam tubuh atau mengkonsumsi makanan asam di pagi hari untuk mengurangi nafsu makan. Cara-cara food plan tersebut bisa jadi kurang baik dan tidak cocok bagi kondisi kesehatan tubuh kamu. Sebab setiap orang memiliki kondisi tubuh yang berbeda.

Oleh karena itu, jika kamu ingin menurunkan berat badan dengan food plan sehat, berikut kumparanWOMAN telah merangkum beberapa hal yang perlu diperhatikan. Supaya berat badan bisa turun dan kesehatan tubuh tetap terjaga.

1. Awali hari dengan makan sayurIlustrasi salad

Bagi sebagian orang, sayur bukanlah makanan favorit yang mudah dikonsumsi kapan saja. Biasanya, mereka yang tidak suka sayur akan punya banyak alasan untuk tidak memakannya. Atau mereka cenderung mencampur sayur dengan menu lain.

Sayangnya, sayur menjadi komponen makanan penting yang wajib dikonsumsi oleh siapa saja yang sedang diet. Sebab kandungan seratnya yang tinggi bisa membantu membuat perut cepat kenyang dan metabolisme tubuh jadi lebih lancar. Oleh karena itu, kalau ingin eating regimen yang dilakukan bisa lebih efektif, coba konsumsi sayur di pagi hari saat perut sedang lapar. Dengan begitu, kamu bisa bisa kenyang tanpa perlu mengkonsumsi makanan lainnya dan kesehatan tubuh lebih terjamin.

2.Konsumsi buah tanpa olahanMakan buah

Selain sayur, buah juga sangat penting untuk memastikan food regimen yang kamu jalani tetap berjalan baik dan sehat bagi tubuh. Jadi pastikan kamu juga rajin mengkonsumsi buah asli dan mengurangi jus buah olahan. Sebab minuman jus yang dijual di pasaran biasanya mengandung lebih banyak gula daripada buah asli yang bisa menyebabkan gula darah meningkat dan memicu diabetes.

Tak hanya itu, buah juga bisa kamu manfaatkan sebagai camilan karena serat yang ada pada buah juga bisa membuat kamu tidak mudah lapar.

3.Mengunyah makanan dengan benar

Mengunyah makanan secara pelan-pelan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang. Hasil riset menunjukkan, mengunyah makanan dengan cepat berisiko lebih tinggi menaikkan berat badan dibandingkan dengan mengunyah secara perlahan. Ladies bisa membatasi waktu makan supaya kamu tidak terburu-buru dalam mengunyah. Misalnya dengan mengunyah satu makanan sebanayak 33 kali atau memaksimalkan waktu makan paling tidak 15 menit.

4.Mengurangi konsumsi garam

Tidak banyak mengkonsumsi garam bisa dipercaya bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini terjadi karena mengkonsumsi sodium secara berlebihan bisa membuat proses metabolisme lemak dalam tubuh menjadi lambat. Jadi sebisa mungkin kurangi asupan garam setiap hari. Kamu bisa melakukannya secara perlahan, misalnya jika sayur sudah dibumbui dengan garam, usahakan lauk kamu tidak diberi garam sama sekali. Sebagai gantinya, kamu bisa memanfaatkan keju untuk menambah rasa atau garam laut dengan kandungan sedikit sodium. Ilustrasi minum air putih. Foto: dok. Shutter Stock

Percaya atau tidak, air putih bisa membantu kamu menurunkan berat badan. Sebab minuman tanpa rasa ini tidak mengandung kalori. Sehingga mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak tidak akan membuat berat badan naik. Lebih dari itu, consistent with harinya kita memang disarankan para ahli untuk mengkonsumsi minimum delapan gelas. Hal ini perlu dilakukan supaya tubuh tidak mudah dehidrasi. Apalagi jika kamu sedang food plan, tidak banyak mengkonsumsi makanan dan kurang minum air putih bisa jadi kombinasi yang buruk bagi kesehatan tubuh.

5.Imbangi diet program dengan olahraga

Sejak lama, olahraga bisa dibilang menjadi salah satu kunci diet sukses. Karena olahraga bisa membantu kamu membakar kalori sekaligus menyehatkan tubuh. Aturan eating regimen yang kamu lakukan bisa jadi tidak akan seimbang tanpa dibarengi dengan olahraga. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk berolahraga. Setidaknya 30 menit in keeping with hari. Kamu bisa melakukannya di pagi atau malam setelah beraktivitas. Ilustrasi tidur Foto: Shutterstock

Akibat dari kurang tidur setiap malam tidak hanya akan mengurangi fokus pikiran tetapi juga bisa memicu keinginan kamu untuk makan lebih banyak. Melansir Healthline, orang yang kurang tidur cenderung lebih mudah lapar, metabolisme tubuh tidak lancar sehingga kalori meningkat dan menimbulkan risiko buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, usahakan tidur delapan jam in line with hari agar tubuh tetap sehat dan food plan tidak berantakan.

Bagaimana Ladies, siap memulai weight-reduction plan sehat?

Leave a Comment

error: Content is protected !!