Tips Diet Sehat: Pengertian, Jenis-jenis dan Manfaat Diet Lengkap

Tips Diet Sehat – Pengetahuan mengenai food plan tentunya sangat penting untuk dipahami oleh setiap orang. Diet dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang , baik dalam hal kesehatan, kebugaran bahkan dalam hal pekerjaan, prestasi akademis dan sebagainya. 

Namun, masyarakat kita seringkali salah mengartikan pengertian weight loss plan. Pada umumnya, masyarakat mengartikan weight-reduction plan sebagai usaha untuk mengurangi makan agar mendapatkan berat badan yang ideal, atau untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Apa yang diketahui masyarakat mengenai weight-reduction plan hanyalah cara untuk menurunkan berat badan. Padahal weight-reduction plan bukan hanya itu, berdasarkan serapan katanya saja pengertian diet yang sebenarnya adalah mengatur pola makan.

Kesalahpahaman ini yang perlu kita luruskan. 

Pada artikel ini kita akan membahas lebih jauh mengenai apa itu weight loss program dan bagaimana cara melakukan weight loss plan yang sehat. Pengertian Diet

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian weight loss program merupakan aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter). Sedangkan, dilansir dari Wikipedia Bahasa Indonesia, food regimen adalah jumlah makanan yang di konsumsi seseorang atau organisme tertentu. Adapun dalam Kamus Gizi Pelengkap Kesehatan Keluarga (2009) yang dikeluarkan oleh Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi), weight loss program memiliki arti sebagai pengaturan pola dan konsumsi makanan serta minuman yang dilarang, dibatasi jumlahnya, dimodifikasi, atau diperbolehkan dengan jumlah tertentu untuk tujuan terapi penyakit yang di derita, kesehatan atau penurunan berat badan.

Berikut beberapa pengertian weight loss plan menurut para ahli. Menurut Barasi (2007), weight loss program secara umum merupakan prasyarat bagi kesehatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup, atau kesejahteraan, dan pencegahan terhadap penyakit terkait gizi.

Badraningsih Lastariwati (2000) berpendapat bahwa weight loss program adalah pengaturan/pemilihan makanan yang harus dimakan oleh seseorang atau sekelompok orang. Diet sangat erat kaitannya dengan kecukupan gizi atau asupan nutrien, dan pola pengaturanya menganut pada tujuan akhir dari food plan itu sendiri. Berdasarkan pengertian diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa diet bukan hanya mengenai cara menurunkan berat badan saja. Tetapi, weight-reduction plan merupakan upaya pengaturan pola makan untuk membatasi atau mencukupi asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh untuk tujuan tertentu. Biasanya orang-orang melakukan food plan untuk tujuan berikut. Menurunkan berat badan, misalnya seorang artis yang ingin menjaga penampilannya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal atau orang yang mengalami obesitas menjalani program weight-reduction plan agar berat badannya menurun. Meningkatkan berat badan, misalnya olahragawan dan atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa ototnya atau orang yang bertubuh kurus yang menjalani program weight loss plan untuk mendapatkan bentuk tubuh seperti orang-orang ordinary. Pantang, misalnya orang-orang yang menderita suatu penyakit dipantang atau dibatasi untuk mengkonsumsi makanan tertentu seperti penderita diabetes yang harus membatasi konsumsi gula/glukosa.

Sampai disini masih dipahami kan mengenai pengertian diet. Jika ada yang kurang dimengerti tanyakan saja di kolom komentar. Jenis-jenis Diet

Semakin hari, metode diet terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi sehingga cara weight loss plan pun berubah menjadi lebih modern-day. Namun, masih terdapat beberapa weight loss plan yang terbilang klasik tetapi masih dijalankan oleh orang-orang. Saat ini, food regimen memiliki banyak jenis mulai dari diet rendah kalori, diet rendah protein, weight-reduction plan jantung, weight-reduction plan rendah gula, weight loss program rendah garam, dan lain-lain. 

Penjelasan lebih lengkapnya mari simak uraian berikut. 1. Diet Rendah Kalori Rendah Karbohidrat

Diet rendah kalori dan karbohidrat biasanya digunakan pada program penurunan berat badan dengan cara membatasi atau mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi karbohidrat. 

Bukan berarti orang yang menjalankan diet ini tidak memakan semua jenis karbohidrat, tetapi hanya mengurangi asupannya saja.

Misalnya eating regimen nasi putih yang populer di kalangan banyak orang. Kita tahu bahwa nasi putih merupakan makanan yang tinggi kalori sehingga dapat memicu obesitas dan diabetes. Namun sekali lagi saya katakan bahwa diet nasi putih bukan berarti kita tidak memakan nasi putih sepenuhnya.

Tetapi asupan karbohidratnya diganti oleh makanan karbohidrat lainnya yang mengandung kalori lebih rendah seperti beras merah atau roti gandum. Asupan protein dan lemak tetap diperhatikan, namun tidak terlalu tinggi. 2. Diet Rendah Kalori Tinggi Protein

Bagi yang ingin melakukan weight loss program ini, dia harus benar-benar in shape, terutama ginjal dan hati. Jika tidak, organ tubuh akan terbebani dan kondisi tubuh justru melemah. Diet ini banyak mengkonsumsi protein seperti daging dan telur. Tetapi asupan kalori dikurangi sehingga karbohidrat yang digunakan adalah nasi merah, kentang, talas, atau singkong yang mengandung rendah kalori.    

Diet ini membatasi asupan kalori sehingga energi yang didapatkan tubuh menjadi berkurang. Maka dari itu, diperlukan kondisi fisik atau tubuh yang benar-benar suit.   three. Diet Rendah Kalori Rendah Lemak

Orang dengan eating regimen seperti ini harus pintar-pintar menghitung asupan kalori. Semua jenis makanan biasanya di konsumsi, hanya saja asupan kalori dan lemak dikurangi.

Perlu di ingat bahwa satu gram lemak sama dengan sembilan kalori. Diet jenis ini memang tidak bisa berlangsung dengan cepat dalam menurunkan berat badan, paling hanya dua kilogram dalam sebulan. Namun, hal ini sudah cukup jika dilakukan secara konsisten.

Contoh makanan rendah kalori dan lemak yang dapat di konsumsi adalah buah-buahan seperti apel dan melon yang mengenyangkan namun juga kaya akan diet, serat dan anti oksidan. four. Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein

Diet Tinggi Kalori Tinggi Protein (TKTP) bertujuan memberikan makanan secukupnya untuk memenuhi kebutuhan kalori dan protein yang bertambah guna meningkatkan berat badan hingga mencapai ordinary.

Nah, jika biasanya eating regimen digunakan untuk menurunkan berat badan, weight loss program yang satu ini tujuannya berbeda yaitu untuk meningkatkan berat badan agar mencapai batas normal. Syarat food plan ini adalah tinggi kalori, tinggi protein, cukup diet dan mineral serta mudah dicerna.

Konsumsi kalori dan protein sebaiknya dilakukan dengan menambahkan lauk dan susu. Sumber protein hewani yang baik dikonsumsi misalnya ayam, daging, hati, telur, susu dan keju. Sedangkan sumber protein nabatinya seperti tahu, tempe, dan oncom.

Ketika akan menjalani food regimen TKTP ada beberapa makanan yang harus dihindari misalnya makanan yang terlalu manis dan guru sehingga mengurangi nafsu makan seperti gula-gula, dodol, cake, dan sebagainya. five. Food Combining

Cara ini adalah mengatur pola makan yang melibatkan teori asam dan basa, juga PH netral. Meskipun semua maknan bisa dipilih, baik karbohidrat, protein, maupun lemak, biasanya jenis makanannya tetap harus diatur.

Misalnya, makan pagi hanya dengan buah-buahan atau susu kedelai, lalu siang dengan nasi tiga sendok dipadukan dengan sayur mayur dan tempa/tahu. Makan malam karbohidrat juga dikurangi. Diet jenis ini meski dapat menurunkan berat badan cukup signifikan sampai sekitar lima kilogram sebulan, namun cara ini cukup rumit untuk dilakukan. Manfaat Diet

Sebenarnya apa sih manfaat food plan? Kebanyakan orang mengetahui manfaat weight loss program hanya untuk menurunkan berat badan saja. Padahal jika kita rutin melakukan weight loss program akan mendapatkan manfaat-manfaat lainnya. Berikut ini penjelasan mengeni manfaat-manfaat dari eating regimen. 1. Dapat menurunkan dan menaikkan berat badanSeperti yang telah dibahas sebelumnya, banyak orang yang salah mengartikan eating regimen. Banyak yang menganggap eating regimen hanyalah application untuk menurunkan berat badan saja. Namun, nyatanya food regimen dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan hingga mendapatkan berat badan yang best. 2. Diet dapat menguatkan tulang

Leave a Comment

error: Content is protected !!